LA-LI.OR.ID – Penanaman 10.000 pohon puspa di gunung salak dan 100 pohon jambu citra di halaman rumah warga yang sebelumnya dilakukan oleh LA-LI bersama Pokja Gempal yang disponsori oleh PT. Yakult akhirnya telah di labeli sebagai upaya untuk menandai pohon yang telah ditanam. Pemasangan labeling barcode ini dilakukan secara berkala oleh Pokja Gempal pada 19/09/18 di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak Cicurug-Sukabumi.

Penandaan pohon dilakukan melalui sistem label barcode untuk mempermudah informasi pohon yang telah ditanam, karna didalamnya terdapat informasi berupa jenis pohon, tanggal penanaman, dan siapa yang menanam. “Kita hanya perlu melakukan scan terhadap barcode tersebut melalui smartphone dan informasi nya akan muncul dilayar handphone kita”. Tutur Helmi (Koordinator pembuat label barcode).

Sampai saat ini pemasangan label barcode sudah mencapai 80% telah terpasang, tinggal sisanya akan terus dilakukan sampai selesai oleh Pokja Gempal. Menurut Haetimi (fasilitator konservasi LA-LI), “pemasangan labeling barcode mudah-mudahan bisa diselesaikan di akhir pekan ini dan bisa dipasang pada 10.000 pohon yang telah ditanam”. Katanya. (asz)