LA-LI.OR.ID – Pemeliharaan pohon dilakukan Pokja Gempal Desa Pasawahan pada program pemeliharaan tahap ke-tiga dari hasil penanaman 10 ribu pohon tahun 2017 di Gunung Salak. Pemeliharaan tahap ke-tiga dilakukan pada Sabtu, 25 Agustus 2018.

Pemeliharaan merupakan langkah lanjutan dalam  program konservasi alam sebagai upaya memelihara dan menjaga pertumbuhan tanaman/pohon agar tetap tumbuh stabil. Program pemeliharaan ini dilakukan untuk menjaga pohon yang telah ditanam agar pertumbuhannya bisa optimal. Tahap pemeliharaan dalam konservasi menjadi bagian terpenting untuk menjaga kestabilan pertumbuhan tanaman. Nanang (Pokja Gempal) “Pemeliharaan harus tetap dilakukan agar pohon yang sudah ditanam tetap sehat dan tumbuh sesuai harapan”. Katanya.

Nanang juga mengatakan, “biasanya pohon tegakkan yang telah ditanam di kawasan konservasi minimal harus dirawat sampai berumur tiga tahun”. Katanya.

Proses pemeliharaan tahap ke-tiga ini diawali dengan pembersihan gulma di sekitar tanaman dan dilanjutkan dengan tambal sulam 70 pohon yang mati dari total penanaman 10.000 pohon. Haetimi (Fasilitator Program) menyampaikan bahwa, “dalam setiap penanaman pasti ada tanaman yang mati karna faktor tertentu, sehingga dalam proses pemeliharaan ini tanaman yang mati bisa digantikan dengan tanaman yang baru”. Katanya. (asz)