LA-LI.OR.ID – Selasa (10/04) Pokja Gempal Desa Pasawahan mulai menanam pohon jambu citra di 100 pekarangan rumah warga yang berada di Kp. Cikurutug Los Ds. Pasawahan Cicurug – Sukabumi. Pohon jambu citra yang ditanam adalah pohon yang sebelumnya telah didistribusikan kepada 100 kepala keluarga penerima manfaat CSR PT. Yakult.

Penanaman pohon jambu citra sebagai tindak lanjut dari program iklim mikro lingkungan yang digulirkan oleh Yasasan LA-LI dari program CSR PT. Yakult Indonesia Persada. Adapun proses penanaman diawali dengan pembuatan ajir sebagai patok penyangga pohon, setelah itu dilakukan pemupukan dan dilanjut dengan penanaman pohon jambu citra. Hal tersebut sesuai dengan yang dikatakan oleh Nanang (ketua pokja gempal) bahwa “penanaman itu dilakukan dengan 3 tahap, pertama pengajiran, kedua pemupukan, dan ketiga mulai ditanam”. Katanya.

Pohon jambu citra tersebut ditanam di pekarangan rumah warga atau kepala keluarga yang berada di 3 ke-RT an Kp. Cikurutug. Haetimi (fasilitator program) menjelaskan, “yang ditanami adalah pekarangan warga yang sebelumnya telah didata sebagai penerima manfaat dari program ini”. Jelasnya. Haetimi juga berharap bahwa setelah ditanam, pohon itu bisa bermanfaat untuk masyarakat dan lingkungan, karna tujuan dari program ini adalah untuk memberikan kemanfaatan baik ekologi maupun ekonomi. (asz)