LA-LI.OR.ID – Pembuatan sumur resapan di halaman rumah warga telah dilakukan oleh Pokja Gempal Desa Pasawahan. 100 sumur resapan tersebut dibuat pada Kamis, 09/04/18 di Kp. Cikurutug Los Ds. Pasawahan Cicurug – Sukabumi.

Pembuatan sumur resapan merupakan salah satu dari program iklim mikro lingkungan yang di gagas oleh Yayasan LA-LI dan dikerjasamakan dengan PT. Yakult melalui pendaan CSR perusahaan. Hal ini dikatakan langsung oleh Haetimi (fasilitator program), ia mengatakan bahwa, “program iklim mikro lingkungan yang digagas LA-LI ini salah satunya yaitu pembuatan sumur resapan di 100 halaman rumah warga yang sudah di data sebagai penerima manfaat dari CSR perusahaan”. Katanya.

Rencananya, pembuatan sumur resapan ini akan selesaikan selama dua minggu tertanggal 09 – 23 April 2018 ini. Nanang (ketua pokja gempal) mengatakan bahwa target penyelesaian pembuatan sumur resapan ini selama dua minggu”. Katanya.

Nanang juga menjelaskan beberapa proses pembuatan sumur resapan diantaranya; pendataan titik sumur resapan, sosialisasi, pengadaan bahan material, pengeboran tanah sedalam 4 meter, pelubangan pipa tanam ukuran 3 inci, pembuatan lubang tanah, dan pemasangan pipa.

Pokja berharap bahwa dengan pembuatan sumur resapan tersebut bisa berdampak baik bagi lingkungan, terutama untuk menyelesaikan masalah kekeringan hilir di musim kemarau. (asz)