LA-LI.OR.ID – Kamis, (25/01/18) Koperasi Lestari Mandiri Cicurug (LMC) melakukan kunjungan studi banding ke Koperasi Amanah Madani Kalapanunggal (AMK) yang berada di Desa Pulosari Kalapanunggal Sukabumi. Adapun yang hadir mengikuti agenda tersebut yaitu pengurus Yayasan LA-LI, pihak CSR PT. Aqua Mekarsari, dan pengurus Koperasi LMC.

Studi banding yang dilakukan pengurus koperasi LMC merupakan salah satu program yang di inisiasi oleh Yayasan LA-LI sebagai pendamping / fasilitator dalam meningkatkan kapasitas pengurus koperasi. Sebagai fasilitator, LA-LI memiliki tanggungjawab moral dalam memajukan koperasi ini. Sesuai dengan yang disampaikan Aang Erlan (direktur LA-LI) saat di sela-sela diskusi, “LA-LI memiliki tugas mendampingi koperasi ‘Lestari Mandiri’ selama tiga bulan, waktu yang diberikan pihak CSR Aqua ini dirasa mampu membangkitkan koperasi yang sedang dalam keadaan kritis, dan ini merupakan tanggungjawab kami sebagai pendamping”. Katanya.

Direktur LA-LI juga menuturkan bahwa, “salah satu agenda dalam meningkatkan kapasitas pengurus koperasi adalah dengan melakukan kunjungan atau studi banding, karena dengan studi banding ini paling tidak ada beberapa hal positif yang bisa direplikasi atau ditiru di koperasi LMC”. Pungkasnya.

Setelah perkenalan dan menyampaikan maksud tujuan studi banding tersebut, Didin (Pimpinan Koperasi AMK) menyambut baik kunjungan yang dilakukan koperasi LMC bersama Pengurus LA-LI. Ia menyampaikan beberapa prinsip koperasi AMK, “salah satu dari prinsip koperasi AMK ini yaitu MANDIRI dan MEMBERDAYAKAN”. Ia juga menyampaikan beberapa program pokok dari koperasi AMK yaitu seperti; 1 juta 1 pohon, nasabah pilah sampah, saradesi (prakarsa warga menuju desa lestari), nabung pohon, pembiayaan air dan sanitasi, pertanian ramah lingkungan, dan koperasi AMK memiliki 4 rumah belajar.

Selanjutnya setelah melakukan diskusi, pimpinan koperasi AMK mengajak pengurus koperasi LMC beserta Pengurus LA-LI untuk berkunjung ke rumah belajar yang dibina oleh koperasi. Dari berbagai rangkaian kegiatan tersebut, Darminto (Sekretaris Koperasi LMC) berharap kunjungan ini bisa menjadikan stimulus bagi koperasi LMC dalam melakukan perbaikan serta peningkatan kapasitas pengurus dalam tata kelola koperasi yang baik. (asz)