LALI.CO.ID – Kamis, 19/10/17 Pukul 09.00 WIB bertempat di Rumah Makan “Mampir Heula” milik salah satu pelaku UKM yang terintegrasi dengan Koperasi Lestari Mandiri Kecamatan Cicurug, Yayasan LA-LI bersama PT. Aqua Golden Mississipi Mekarsari memfasilitasi Koperasi Lestari Mandiri dalam melaksanakan agenda diskusi dengan metode FGD (Focus Group Discussion) sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi kerja pengurus koperasi. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekretaris Kecamatan, Direktur dan para Staff LA-LI, Tim PT. Aqua, Aktivis UKM, dan juga para pengurus Koperasi Lestari Mandiri Kec. Cicurug Sukabumi.

Sesuai dengan tema yang diusung yaitu, “FGD Koperasi Lestari Mandiri dalam Menguatkan Kembali Spirit dan Motivasi Kerja Pengurus Koperasi Melalui Staffing dan Updrading”, kegiatan ini dimaksudkan untuk mengevaluasi kinerja dan rencana kegiatan yang telah dilakukan oleh pengurus koperasi. Tahapan kegiatan tersebut yaitu pembukaan, sambutan, FGD tentang sosialisasi program UKM Tahap 3 dan fasilitasi penguatan pengurus koperasi, dan penutup.

Sambutan pertama disampaikan oleh Bayu Permana (manajer program LA-LI). Ia menyampaikan, “bahwa kegiatan FGD ini di inisiasi melalui kerjasama PT. Aqua dengan LA-LI dan dilatarbelakangi oleh semangat dan spirit mengevaluasi rancana maupun asset koperasi Lestari Mandiri sebagai sebuah i’tikad dalam mengembangkan koperasi”.

Sambutan yang kedua disampaikan oleh Aang E Hudaya (Direktur LA-LI). Dalam sambutannya ia mempertegas bentuk kerjasama yang dilakukan LA-LI bersama PT. Aqua yaitu melakukan pendampingan terhadap koperasi Lestari Mandiri dalam mendorong penguatan kinerja koperasi. “Dalam hal ini, pendampingan forum UKM di tanggungjawabkan sepenuhnya kepada LA-LI. Untuk itu perlu adanya sinergitas yang kuat antara koperasi dengan LA-LI”. Pungkasnya.

Aang juga menuturkan, “FGD ini akan membicarakan secara spesifik terkait strategi yang tepat dalam mengembangkan UKM se-Kecamatan Cicurug, karna menimbang di Cicurug selain adanya Forum ZIS sebagai unggulan, juga ada Forum UKM yang tergabung dalam Koperasi Lestari Mandiri sebagai unggulan”. Katanya di sela sambutan.

Sambutan ke-tiga disampaikan pihak PT. Aqua yang diwakili oleh Andi Suhandi (Manajer CSR). Ia menyampaikan beberapa poin penting dalam penguatan koperasi yaitu, “bahwa koperasi Lestari Mandiri ini berdiri tahun 2015 yang di inisiasi oleh forum UKM, dan pada tahun 2015-2016 koperasi didampingi oleh Dompet Duafa dan MM, dan sekarang LA-LI sebagai pendamping koperasi menginginkan pengurus UKM ini progress dalam segala bentuk kegiatan kemandirian organisasi”.

Selanjutnya sambutan terakhir sekaligus membuka acara, Iman Sugiman (Sekmat Cicurug) menyampaikan ucapan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan FGD ini, “terimakasih kepada semua pihak yang berkontribusi dalam pelaksanaan FGD Pengurus Koperasi bersama para pelaku UKM se-kecamatan Cicurug”. Ungkapnya.  

Tidak hanya itu, sekmat juga menyampaikan bahwa pertemuan ini harus terekomendasi oleh kecamatan, karna ada suatu integrasi yang sinergis antara program yayasan LA-LI, Kecamatan, PT. Aqua, dan juga Koperasi Lestari Mandiri. Maka harus ada kerjasama yang baik antar semua pihak, melihat kondisi hari ini bahwa penguatan di sektor ekonomi akan tertumpu pada aktualisasi pelaku UKM.

Selanjutnya kegiatan FGD ini dilanjutkan dengan fokus pembahasan  Sosialisasi Program UKM Tahap tiga yang disampaikan direktur LA-LI. FGD berlangsung dinamis dan muncul beberapa pertanyaan dan dialog yang aktif antar peserta yang hadir. Adapun kesimpulan dan target pendampingan yang akan dilakukan selama kurang lebih 3 bulan yaitu, pengembalian dana perguliran 50%, adanya 1 unit usaha koperasi, terselenggaranya pelatihan UKM, studi banding, forum UKM bisa masif, koperasi berjalan, adanya peningkatan kualitas kerja, dan kemandirian UKM bersama koperasi.

Di akhir  diskusi, semua peserta yang hadir mengharapkan agar tindak lanjut dari pelaksanaan ini bisa terealisasi dengan baik ke depan nya. (asz)