Dalam rangka melanjutkan dan mengimplementasikan program tanggungjawab sosial perusahaan, PT. Aqua TIV Babakan Pari bekerjasama dengan LA-LI untuk membuat fasilitas Sarana Air Bersih di Kampung Bojong Pereng. Pembuatan SAB terlebih dahulu dilakukan sosialisasi WASH kepada masyarakat sekitar pada (13/09) di sekitar pemukiman warga Desa Nyangkowek Cicurug-Sukabumi.

LA-LI dan PT. AQUA bersama Pemerintah Desa Nyangkowek, Karang Taruna, dan perwakilan tokoh masyarakat telah bekerja sama dalam menyukseskan program pemberdayaan melalui program Sarana Air Bersih dengan melakukan sosialisasi WASH dan membentuk KPSAB.

Desa Nyangkowek merupakan salah satu daerah di Kecamatan Cicurug yang mengalami kekeringan air khususnya dimusim kemarau. Menurut Dani (tokmas), “Desa Nyangkowek khususnya Bojong Pereng memang sulit mendapatkan air bersih, apalagi dimusim kemarau”. Maka LA-LI bersama PT. AQUA turut berpartisipasi untuk meminimalisir dan mengantisifasi kekeringan di desa tersebut dengan membuat Sarana Air Bersih dengan melibatkan masyarakat setempat.

Dalam kesempatan sosialisasi, Cacas (Manajer CSR PT. Aqua TIV Babakanpari) mengatakan, “akan dibuat sumur pantek sekitar kedalaman 75 meter sampai menembus cekungan air di bawah tanah, tujuannya untuk memaksimalkan debit air yang akan muncul”. Katanya.

Selanjutnya kades menyampaikan bahwa aktivitas ini merupakan bentuk sinergitas antara perusahaan dengan pemerintah desa, “kegiatan ini merupakan harapan kami karena sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh warga Bojongpereng, ini menjadi bentuk sinergitas antara perusahaan dengan pemerintah desa.” Ungkapnya.

Adapun bentuk partisipasi masyarakat dalam menykseskan pembuatan SAB yaitu hibah tanah 2×2 meter dari H. Syarif, Panitia kecil pembangunan, 2 orang kendek dan 2 orang tukang, serta 1 orang tenaga ahli. Rencananya SAB tersebut akan dialirkan ke 80 Kepala Keluarga.

Kades berharap bahwa pembuatan SAB di Bojongpereng bisa dimanfaatkan dengan baik oleh warga sekitar dan semoga bisa menjadi solusi dalam menghadapi kemarau. (asz)