Aksi penanaman 20.000 pohon di area penyangga Situs Batu Kujang telah dilakukan oleh Pokja Himalaya Cling. Penanaman tersebut merupakan hasil kerjasama kemitraan antara PT. Aqua Golden Mississipi Mekarsari bersama yayasan LA-LI pada program “Konservasi berbasis budaya lokal”. Pokja melakukan penanaman 20.000 pohon secara bertahap pada 13/03/17 di area penyangga situs batu kujang Desa Cisaat Cicurug-Sukabumi.

Aksi penanaman ini merupakan tindak lanjut akhir dari program konservasi alam di Desa Cisaat, tujuannya adalah untuk meningkatkan jumlah tutupan lahan melalui penanaman 20.000 pohon. Hal tersebut berdasarkan hasil kick off kerjasama antara PT. Aqua dengan LA-LI pada tanggal 23 agustus 2016 lalu.

Proses penanaman dilakukan secara bertahap dan rencananya akan selesai akhir bulan ini, “penanaman ini akan diselesaikan akhir bulan ini, dan progresnya sampai saat ini berjalan dengan baik”. Tutur Haetimi (Fasilitator Konservasi). Menurutnya proges penanaman sangat baik namun yang jadi kendala adalah faktor cuaca yang seringkali menghambat aktivitas penanaman. (asz)