https://la-li.or.id/ Sukabumi, 18 Oktober 2016

Sebagai upaya dalam meningkatkan kapasitas POKJA, LA-LI menggelar pelatihan pembibitan pada Selasa 18/10/2016 di lokasi pembibitan Kp. Tenjolaya Ds. Cisaat, Cicurug-Sukabumi.

Pelatihan dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas Kelompok Masyarakat dalam menunjang program pembibitan. Kegiatan tersebut digelar pada pukul 09.30-12.00 WIB dengan di fasilitatori oleh Fasilitator program konservasi yaitu Aang Haetimi dan dihadiri oleh kelompok masyarakat (POKJA HIMALAYA C’LING).

Materi pelatihan tidak hanya disampaikan secara satu arah, tapi metode pelatihannya yaitu dengan menggunakan pendekatan FGD (focus group discussion). Selain itu POKJA langsung dipandu oleh fasilitator untuk melakukan praktek pembibitan. Hal ini dilakukan untuk mempermudah POKJA dalam memahami praktek pembibitan, karna materi yang disampaikan hanya sebatas penunjang dalam meningkatkan pemahaman saja, sedangkan pada praktiknya POKJA harus benar-benar bisa dan terbiasa melakukan pembibitan.

Haetimi (Fasilitator Program) mengatakan, “dalam proses pelatihan harus ada kesesuaian antara teori dan praktek, maka selain dijejali materi POKJA pun di arahkan untuk langsung mempraktikan apa yang ada di materi”.

Pasca pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan pemahaman masyarakat dalam melakukan pembibitan, terutama dalam menunjang program konservasi alam di Desa Cisaat. (ASZ)