http://la-li.or.id/ Sukabumi, 29 Desember  2016

SUKABUMI- PT Aqua Golden Misissippi Mekarsari yang didampingi oleh Yayasan Lembaga Alam Lestari Indonesia (LA-LI) berikan bantuan alat untuk Pengrajin Pandai Besi yang berada di Kp. Cicuwel Padangenyang Rt 03/01 Desa Mekarsari Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi, kamis (29/12/16).

Pandai Besi yang sudah menggeluti profesinya dari tahun 1978 ini selain mendapatkan bantuan alat dari Pt AGM ini pun mendapatkan penyuluhan dan di berikan pengetahuan untuk pembuatan pekakas yang lebih mempunyai nilai seni.

Menurut Manager CSR Pt AGM Andi Suhandi menuturkan bahwa bantuan ini diberikan langsung kepada pengrajin agar dapat mengasah kemampuan para pengrajin besi serta untuk meningkatkan produksi.

Lanjutnya, dalam kegiatan pelatihan dimaksud. Peserta dibimbing langsung oleh instruktur yang berpengalaman dalam pengoperasian mesin tersebut, sehingga akan lebih mudah dalam memberikan pengetahuan terhadap kegiatan usaha pembuatan alat-alat rumah tangga dan alat pertanian.

” Dengan adanya bantuan dari Aqua ini maka pengrajin diharapkan dapat lebih maksimal dalam menjalankan usahanya secara  lebih semangat, ” ujarnya.

Dikatakan, selama ini, kegiatan produki pengrajin besi untuk memproduksi berbagai alat, seperti parang, pisau, mata cangkul dan lain sebagainya, dilakukan secara manual dengan waktu yang lama.

“Dengan adanya bantuan ini, akan lebih memudahkan pengrajin dalam memproduksi hasil kerajinannya, bila dibandingkan sebelumnya yang hanya mengandalkan tenaga dan bara api serta butuh waktu yang lama dengan tenaga begitu terkuras,” ujar Andi.

Sementara itu Pengrajin Pandai Besi H Samsudi (57) menuturkan bahwa pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Pt AGM dan Yayasan LA-LI terhadap bantuan dan kepedulian yang diberikan kepada pandai besi didaerahnya, semoga apa yang sudah diberikan lebih bermanfaat.

“Dengan adanya wawasan tadi kami para pengrajin Pandai Besi disini menjadi termotivasi untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produk kami agar lebih bagus lagi, ” tuturnya.

Menurut Kepala Desa Mekarsari Kecamatan Cicurug, Iwan Ridwan berterima kasih kepada Pt AGM yang telah membantu alat kepada pengrajin Pandai Besi dan memberikan penyuluhan, terlihat sekarang para pengrajin Pandai Besi terangsang agar bisa meningkatkan produksi mereka.

“Mudah-mudahan dengan adanya bantuan ini dapat memperbaiki hasil produksi mereka lebih baik lagi dan penjualannya pun mampu mendobrak penjualannya keluar daerah apalagi sampai bisa ke mancanegara, jangan kalah dengan cangkul dari cina, ” pungkasnya.

http://www.bidiknusantara.com/2016/12/pengrajin-pandai-besi-disukabumi_30.html?m=1

Reporter : Anry