img_20161206_094920

http://la-li.or.id/ Sukabumi, 06 Desember  2016

SUKABUMI – Koordinasi pelaksanaan program konservasi Jayabakti Lestari dilakukan oleh tim LA-LI bersama  pihak Pemerintahan Desa Jayabakti dan kelompok tani setempat. Tim LA-LI langsung menemui Bpk. Opik selaku Kepala Desa Jayabakti dan Bpk. Baban Syahbanani selaku Ketua BPD Desa Jayabakti pada Selasa (06/12) di kantor Desa Jayabakti Cidahu – Sukabumi.

Pertemuan LA-LI dengan pihak Desa Jayabakti untuk mengkoordinasikan dan membahas lebih lanjut terkait program konservasi yang akan dilaksanakan di sekitar Desa Jayabakti. Koordinasi membahas beberapa poin pokok diantaranya yaitu; Fiksasi kelompok kerja / kelompok tani Jayabakti, Penentuan SLA konservasi, Pelatihan pembibitan, dan Simulasi Biopori.

Dari pertemuan tersebut menghasilkan beberapa kesepakatan bahwa fiksasi kelompok kerja ditarik dari beberapa unsur kelompok tani dan akan ditentukan pada saat pelaksanaan SLA konservasi dan pelatihan pembibitan. Pelaksanaan SLA konservasi dan pelatihan pembibitan rencananya akan dilaksanakan pada Kamis (08/12) mendatang setelah proses koordinasi dengan berbagai pihak baik Pemerintah Desa maupun dengan kelompok tani yang ada di sekitar Desa Jayabakti selesai.

Ada beberapa program pokok yang akan dilaksanakan di Desa Jayabakti yaitu penanaman 4500 pohon di Kp. Cikareo dengan luas lahan 800 Meter dan Kp. Bojongpari Rt. 04/02 dengan luas lahan 2000 Meter. Selanjutnya pembuatan 1000 titik biopori dan pembuatan 5 titik sumur resapan di beberapa wilayah Desa Jayabakti.

Program konservasi ini merupakan kerjasama PT. AQUA TIV babakanpari dengan LA-LI sebagai mitra pelaksana CSR di Jayabakti, sehingga proses koordinasi harus dilakukan dengan pihak Desa dan masyarakat setempat agar pada pelaksanaanya kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala apapun.

Aang Erlan(direktur LA-LI) mengungkapkan bahwa, “ proses koordinasi sebagai langkah untuk mensinergikan beberapa unsur yang terlibat dalam konservasi ini agar kegiatan ini berhasil sesuai yang diharapkan”. Ungkapnya.

Selanjutnya Opik (Kades Jayabakti) juga mengatakan bahwa, “Kegiatan ini merupakan kegiatan positive sehingga atas nama pemerintahan Desa kami sangat berterimakasih atas kedatangan tim LA-LI untuk berkoordinasi, dan semoga koordinasi ini bisa terus berjalan sampai kegiatan konservasi di Desa Jayabakti dapat diselesaikan sampai tuntas”.

Tak hanya itu, Baban  (Ketua BPD) juga menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan yang akan dilaksanakan di Desa Jayabakti. Ia mengatakan, “LA-LI dengan programnya akan membawa dampak positive bagi masyarakat, selaku ketua BPD kami mengapresiasi kegiatan tersebut”. Dalam ruang koordinasi tersebut, ia juga memotivasi LA-LI dalam candaanya, “Kedatangan para pemuda pencerah hati, penghijau alam lestari…Bravo LA-LI…”. (ASZ)