151

http://la-li.or.id/ Sukabumi, 15 Oktober  2016

SUKABUMI – Masyarakat Cisaat  yang tergabung dalam POKJA HIMALAYA CLING memulai bisnisnya dengan budidaya ulat jerman. Sebelumnya, LA-LI melalui program CSR (Corporate Social Responsibility) PT. AQUA melakukan kegiatan Studi Banding Program Budidaya Ulat Jerman  dalam Rangka Pelatihan Keterampilan & Kewirausahaan POKJA Desa Cisaat pada 25 Oktober lalu. Setelah 3 minggu pasca pelatihan, tepatnya pada 15/11/16 POKJA yang didampingi fasilitator dari LA-LI dapat memulai bisnisnya sendiri. Budidaya dilakukan di sekretariat POKJA yang berada di Kp. Tenjolaya Girang Ds. Cisaat Cicurug-Sukabumi.

Budidaya ini dilakukan sebagai bentuk implementasi CSR AQUA di sektor pembangunan ekonomi masyarakat khususnya masyarakat Desa Cisaat. Proses budidaya ulat jerman diawali dengan pelatihan kewirausahaan dan studi banding langsung ke pengusaha ulat jerman di daerah Cikidang, setelah 3 minggu dari pelatihan, POKJA membuat 48 kotak dan rak untuk menampung bibit ulat jerman, selanjutnya pembelian 2,5 kg bibit dan pakan. Dari 2,5 kg bibit ada sekitar 2500 larva yang nantinya akan dijadikan serangga, karna untuk memulai budidaya harus diawali dengan pembibitan.

1503

Proses pembibitan akan memakan waktu sampai 15 hari melalui pemuasaan larva, setelah larva dipuasakan maka akan berubah menjadi kepongpong dan akan menetas menjadi serangga, dari serangga kemudian akan bertelur dan menjadi larva. Itulah siklus pertumbuhan dan perkembangan budidaya ulat jerman, sehingga proses awal pembibitan sampai panen membutuhkan waktu sekitar 3 bulan dan setelah itu panen bisa dilakukan tiap bulannya.

Budidaya ulat jerman diharapkan mampu meningkatkan taraf perekonomian masyarakat Desa Cisaat. Hal ini disampaikan oleh Haetimi (fasilitator konservasi LA-LI) pada saat meninjau pembibitan yang dilakukan POKJA Cisaat. Selain itu, Haetimi mengungkapkan bahwa “budidaya ulat jerman yang dilakukan oleh POKJA Cisaat harus menjadi contoh bagi masyarakat lainnya, bahwa masyarakat bisa memulai apapun untuk meningkatkan taraf perekonomian dan penghasilannya, salah satunya dengan bisnis ini”. Ungkapnya.

Selanjutnya Deni (Ketua POKJA Cisaat) juga menyampaikan terimakasihnya kepada PT. AQUA dan LA-LI atas terselenggaranya program CSR di lingkungan Desa Cisaat, sehingga masyarakat dapat merasakan manfaatnya. Ia pun berharap bahwa program ini bisa menjadi stimulus untuk membangun kemandirian di sektor ekonomi bagi masyarakat. (ASZ)