IMG_20151231_150634

SUKABUMI [pasawahan.desa.id], – Gerakan Usaha Bersama Komunitas (UBK) di Kabupaten Sukabumi kini mulai terlihat seiring dengan banyaknya produk-produk makanan yang siap dipasarkan.

Salah satunya seperti yang telah dilakukan oleh Kelompok UBK Gede Mandiri ang ada di tiga desa di Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi, yakni Desa Gede Pangrango, Desa Cipetir dan Desa Undrusbinangun.

Kelompok usaha bersama yang digagas oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi ini sukses telah memasarkan hasil produk makanan seperti bakso ayam, sosis ayam dan Nughet ayam. Produk ini diberi brand dengan nama ‘Gepciun’. Produk-produk ini telah diluncurkan (launching) pada 24 Desember 2015 yang lalu.

“Alhamdulillah, kini sudah berjalan memproduksi dan memasarkan hasil produknya. Pasarnya sudah jelas, baik ke pasar tradisional maupun modern (minimarket, red). Terlebih, masyarakat pedesaan juga bagian dari sasaran pemasaran produk kami,” ujar Pendamping Lapangan (PL) UBK Kabupaten Sukabumi, Mufa Thoilah didampingi PL lainnya, Ateng Mulyadi kepada wartawan ,Kamis (31/12/2015).

Dikatakan, gerakan usaha bersama ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan perekonomian di pedesaaan. Program yang dikeluarkan sejak Oktober 2015 ini, menjadi pilot project dan tersalur lewat Direktorat Jendral Pengembangan Kawasan Perdesaaan (PKP) sehingga lahirlah Usaha Bersama Komunitas (UBK).

“Jadi, gerakan usaha bersama ini murni sebagai nilai produktivitas dan kreativitas yang datang dari desa, oleh desa dan untuk masyarakat di pedesaan juga. Jadi, masyarakat desa itu tidak hanya menjadi konsumen namun juga berperan sebagai produsen,” pungkasnya. [ade/adang]

Foto Peluncuran produk (UBK) Gede Mandir