Calon Bupati Sukabumi Harus Lantang Bicara Pengelolaan Sumber Daya Air

Calon Bupati Sukabumi Harus Lantang Bicara Pengelolaan Sumber Daya Air

Sebagaimana kita ketahui bahwa Cicurug adalah satu wilayah yang berada dikaki gunung salak-sukabumi, ini menunjukan bahwa kabupaten sukabumi adalah wilayah yang kaya dengan sumber daya air, oleh karena itu kita ketahu banyak industri AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) tumbuh subur di sukabumi khususnya cicurug, Melimpahnya sumber daya air yang seharusnya dimanfaatkan untuk memenuhi hajat hidup orang banyak nyatanya tidak terwujud khususnya nampak terlihat pada musim kemarau seperti saat ini berbagai persoalan kesulitan akses air bersih menyebar diberbagai wilayah sukabumi yang katanya sumber air. termasuk di desa pasawahan, beberapa daerah seperti cikurug, cimelati, sindangpalay dan kampung lainnya ikut mengalami kesulitan air.

Dilain pihak Keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 85/PUU-XI/2013 memutuskan bahwa UU No 7 Tahun 2004 Tentang Pengolahan Sumber Daya Air (SDA) dan semua peraturan di bawahnya dibatalkan. itu artinya pemerintah daerah dituntut untuk ikut mengatur penguasaan sumber daya air di sukabumi. Sebagai pemerintah desa pasawahan yang bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan air khsusunya warga yang tinggal di desa pasawahan akan menyusun rencana pemanfaatan sumber daya air (Mata Air) yang terdapat di desa pasawahan agar di kelola dalam bentuk jaringan pengelolaan sumber daya air untuk kemudian di salurkan kepada warga desa agar digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Oleh karena itu Dahlan (Kades Pasawahan) berharap pemerintah kabupaten dalam hal ini Calon Bupati Sukabumi harus menyatakan secara tegas keberpihakan terhadap rencana pemerintah desa dalam mengelolaa sumber daya air dengan menyusun regulasi yang jelas dalam membatasi pemanfaatan sumber daya air oleh Swasta khususnya industri AMDK yang berada di sukabumi, Pemdes melalui BumDes (Badan Usaha Desa) berencana akan mengembangkan industri air minum sebagai pemanfaatan mata air yang ada di desa yang setidaknya diharapkan dapat memenuhi kebutuhan air minum warga desa yang tentunya dengan kualitas yang baik dan harga terjangkau. kami juga akan melakukan komunikasi lebih lanjut dengan desa-desa sekitar di kecamatan cidahu dan cicurug agar gerakan ini menjadi gerakan bersama untuk kepentingan masyarakat desa.(IT)